Langsung ke konten utama

1 TIMOTEUS 6:6-19


IBADAH YANG BENAR DI HADAPAN TUHAN (1 TIMOTEUS 6:6-19)

1.         URAT NI NASA HAJAHATON DO ROHA NA HOLONGAN TU HEPENG

Dibagasan ayat 10 disurathon: “Urat ni nasa hajahaton do roha na holongan tu hepeng. I do disangkapi na deba, umbahen na lilu sian haporseaon i, gabe diaithon do godang na bernit tu dirina”.
Uang adalah komoditas yang netral.  Dia dapat menjadi sesuatu yang membangun, tetapi juga dapat merusak. Allah menciptakan manusia untuk mengasihi Dia, tetapi sejak manusia jatuh ke dalam dosa, manusia menyerahkan hatinya kepada keinginan-keinginan yang lain. Salah satu keinginan itu adalah cinta akan uang. Cinta akan uang tidak hanya merampas hak Allah yang seharusnya mendapat kasih kita, tetapi juga  membuka pintu ke berbagai macam pencobaan, dan membuat kita menyimpang dari Pencipta kita.
Jumlah uang yang kita miliki bukanlah sumber persoalannya, karena akarnya terletak di dalam hasrat hati kita. Kita tak pernah merasa cukup. Selalu merasa kekurangan. Daya pikat kekayaan  menjanjikan kesenangan dan keamanan, tetapi jika kita mencurahkan hidup kita hanya untuk mengejar kekayaan, kita akan menemui ketidakpuasan,  yang akhirnya membawa hidup kita pada kehancuran dan kesedihan.
Dalam Markus 4:19 disebutkan: “Lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga firman itu tidak berbuah”.
Firman Tuhan ini berbicara tentang tipu daya kekayaan.  Oleh karena kekayaan dan kegemerlapan dunia ini, banyak orang tidak dapat bertumbuh dalam firman Tuhan.
Domu tu si ma dibagasan ayat 17 disosohon tu si Timoteus asa dipasingot angka namora na adong ditonga-tonga ni huria i, asa unang lupa pasangaphon Tuhanta. Pola didok: “Rodihon ma angka na mora di hasiangan on, unang ginjang rohanasida, unang dihaposi hamoraon na so mian i, alai dihaposi ma Debata, na buas mangalehon tu hita saluhut sihalashononta”.
Asa marhite i, boi ma dohononta : Ia hamoraon i silehonlehon ni Debata do i laos ingkon pangkeon ma i laho pasangaphon Debata.


2.         TAPAREAHI MA NGOLU DIBAGASAN HADAULATON MARDONGAN SABAM NI ROHA

Namangihut na boi taida marhite turpuk jamita on ima jou-jou asa mangolu angka jolma i dibagasan hadaulaton mardongan sabam ni roha. Hidup didalam ibadah yang memuliakan Tuhan disertai dengan perasaan hati yang mensyukuri segala berkat Tuhan.
Dalam 1 Korintus 9,24-26 digambarkan bahwa kehidupan kita seperti berada dalam gelanggang pertandingan. Kita sedang bertanding. Dan kita berusaha untuk menjadi pemenang. Dan kita dapat menjadi pemenang, jika kita mempersiapkan diri dan bertanding dengan sungguh-sungguh. Demikianlah dengan kehidupan kita. Kita harus memiliki kesungguhan hati dalam memuliakan Tuhan.  
Didok do di ayat 6:  Pangomoan godang do tutu hadaulaton, anggo mardongan sabam ni roha. laho.  Sikap ni sada halak na marpadomuan tu sabam ni roha ima ngolu na tongtong manghamauliatehon angka basa-basa na jinalona sian Debata. Sikap yang tidak merasa bahwa dirinya lebih rendah dari orang lain, atau merasa cemburu kepada orang lain. Tidak membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain.
Ngolu si songon on ma na mamparhatopot songon na dihatahon di ayat 7 na mandok Ai ndang adong taboan tu hasiangan on, jala ndang tarboan hita agia aha laho ruar. 
Lapatanna: marlas ni roha ma hita tongtong, tung songon dia pe parngoluanta. Jala tongtong ma taarahon roha dohot pingkiranta holan na pasangap Debata.