Langsung ke konten utama

MIKA 5:1-4



 Mika 5:1-4
Kristus adalah Raja Damai Sejahtera.


Pendahuluan
Biasanya orang selalu menilai seseorang berdasarkan kampung halamannya, warna kulitnya atau latar belakang kehidupannya. Sewaktu Tuhan Yesus melayani, kebanyakan orang menilai Yesus sebatas Orang Nazaret, anak Yusuf dan Maria. Orang Yahudi berkata :’’ Bukankah dia ini Yesus, anak Yusuf, yang ibu bapaknya kita kenal?. Bagaimana Ia dapat berkata : ‘’ Aku telah turun dari Surga ‘’ (Yohanes 6 :42).
Melalui perikop ini, kita akan melihat bahwa Yesus bukan seorang manusia biasa. Sebelum Dia datang ke dunia ini, nabi-nabi telah menubuatkan kehadirannya, termasuk nabi Mika, sebagaimana kita lihat dalam perikop ini.



Penjelasan Nas
Dari bahan khotbah (Mika 5 : 1-4) dijelaskan tentang datangnya seorang Raja dari Betlehem Efrata . Nas ini merupakan teks yang terkenal dari Perjanjian Lama dalam hubungannya dengan kelahiran Yesus. Setiap tahun pada Natal ayat ini banyak kita ucapkan dan dengarkan. Efrata adalah nama marga bangsa yang tinggal di wilayah Betlehem. Betlehem juga dikenal sebagai kota kecil, berbeda dengan Yerusalem dengan bangunan-bangunan yang megah. Raja yang datang dari Betlehem itu akan memerintah dengan kekuatan dan kuasa yang datang dari Allah. Dan dibawah kuasaNya rakyat akan hidup dengan tenang dan damai.

Alkitab menyatakan bahwa Mesias itu datang dari Betlehem. Apakah kita juga menilai Yesus hanya sebatas anak-anak yang lahir di Betlehem? Karena penilaian dan penerimaan kita akan Yesus menentukan kehidupan kita sekarang dan akhir jaman.
Banyak bentuk penerimaan orang atau golongan tentang Yesus :
1.      Herodes menganggapNya sebagai saingan yang akan menggulingkannya sebagai Raja.
2.      Nicodemus menganggapnya sebagai Guru yang datang dari Allah.
3.      Semula, murid-murid juga pernah menganggap Yesus sebagai nabi.
4.      Banyak orang menganggap Yesus sebagai sosok yang luar biasa, dan dapat mengadakan berbagai tanda muzizat.

Melalui nubuatan nabi Mika ini, kita melihat bahwa Yesus adalah bukan manusia biasa. Dia adalah Mesias dan Juruselamat Dunia. Nabi Mika mengatakan bahwa: Mesias yang datang itu akan memerintah dengan kekuatan Tuhan, dan Ia akan menjadi damai sejahtera bagi dunia ini. Ia datang ke dunia ini supaya tercipta damai dan sukacita dalam diri manusia tersebut.


Penutup
Allah telah menggenapi janjiNya melalui kehadiran Juru Selamat (MESIAS) yang datang ke dunia dan menjadi penebus dosa manusia. Penggenapan janjiNya adalah wujud Kasih Allah yang sedemikian besar bagi umat manusia. Untuk itu, marilah kita membuka diri kepada kasihNya tersebut, sehingga kita mengalami damai sejahtera Allah.